Loading...

Cara Aman Atasi Anak Demam

Mother with Hand on Boy's ForeheadOrangtua mana yang tidak khawatir jika anaknya sedang demam. Saat mengetahui si buah hati demam, orangtua tentunya akan langsung panik dan mencari cara untuk mengobatinya. Tapi, cara yang dilakukan tidak boleh asal-asalan karena dampaknya akan berakibat buruk bagi kesehatan si buah hati.

Mengetahui si buah hati demam, biasanya mereka langsung diberi obat penurunan panas atau dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan secepatnya. Perlu Anda ketahui bahwa, demam bisa menyebabkan kematian bahkan cacat permanen. Maka dari itu, Sebaiknya Anda tidak panik saat melihat anaknya mengalami demam.

Selain itu, orangtua juga tidak boleh menganggap remeh anak yang sedang mengalami demam. Lepas dari semua itu, demam adalah reaksi tubuh saat mengatasi penyakit. Apakah si buah hati Anda mengalaminya? Dilansir dari beberapa sumber berikut ini cara aman atasi anak demam.

Loading...

Mengompresnya

Anak-anak biasanya lebih mudah terkena demam. Maka dari itu, Anda bisa melakukan perawatan dengan cara mengkompres atau memberikan obat penurun panas. Agar Anda tidak terlalu panik, sebaiknya sediakan obat penurun panas. Selain itu, Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter.

Membawanya Ke Dokter

Sebaiknya Anda segera membawa si buah hati ke dokter jika demamnya belum turun juga. Langsung bawa ke dokter juga jika si kecil masih berusia 2 bulan dengan demam mencapai 37 derajat Celcius. Sedangkan untuk anak yang usianya lebih dari 3 bulan dengan suhu 40 derajat Celcius. Jika Anda melihat demam si kecil tidak kunjung turun selama 2 hari, maka sebaiknya Anda langsung membawanya ke dokter.

Perhatikan Efek Obat yang Diberikan

Ingat, beberapa obat kimia memiliki waktu 8 jam untuk bereaksi. Jika si buah hati mengkonsumsi obat pada jam 8 pagi, maka belum tentu dia harus mengkonsumsinya lagi pada siang hari. Maka dari itu, Anda harus lebih jeli untuk melihat petunjuk atau aturan dari dokter.

Cara Aman Atasi Anak Demam | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5