Bahaya Kafein Bagi Kesuburan Wanita

Bahaya Kafein Bagi Kesuburan WanitaSebagian besar dari Anda pasti berpikir jika kafein bisa mengembalikan tenaga Anda. Setiap Anda mengantuk atau lelah, kopi selalu menjadi solusinya. Tidak hanya itu, soft drink yang mengandung kafein juga tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, langsung saja Anda simak berikut ini tentang kafein yang bisa mempengaruhi kesuburan bagi wanita.

Para penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi kafein secara berlebihan bisa mempengaruhi kesuburan pada wanita. Bahkan, ada juga sebagian peneliti mengatakan bahwa kafein tidak memiliki hubungan dengan kesuburan wanita.

Seperti yang dikutip di The National Infertility Association, sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat mengkonsumsi kafein jika ingin memiliki anak. Ada juga, percobaan di lakukan pada hewan mengatakan bahwa kafein bisa mencegah terjadinya pembuahan pada sel telur yang belum matang. Sedangkan untuk sel telur yang sudah matang masih tetap bisa dibuahi oleh sperma.

Maka dari itu, dianjurkan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi kafein lebih dari 300 mg/hari. Selain itu, beberapa peneliti juga mengatakan bahwa mengkonsumsi kafein sebanyak 200 mg dalam sehari bisa meningkatkan resiko keguguran. Agar Anda tidak kebingungan, sebaiknya konsumsi kafein secukupnya saja. Karena memang kafein tidak baik bagi wanita.

Makanan atau minuman yang mengandung kafein?

Jumlah kafein yang terdapat pada kopi dilihat dari jenis kopi yang Anda konsumsi. Maka dari itu, Anda bisa mengatur jumlah kafein yang Anda konsumsi. Namun, Anda juga harus perhatikan jumlah teh, coklat, minuman energi, atau es krim yang Anda konsumsi. Bahkan, ada juga beberapa obat-obatan yang mengandung kafein.

Agar Anda tidak kebingungan untuk menentukan jumlah kafein yang bisa Anda konsumsi dalam sehari, sebaiknya Anda memilih susu atau air putih dibanding kopi.

Bahaya Kafein Bagi Kesuburan Wanita | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5