ASI Mengurangi Resiko Sakit Jantung

ASI Mengurangi Resiko Sakit Jantung

ASI Mengurangi Resiko Sakit Jantung

DOKTERANAK.NET – Semua orang sudah tahu tentang ASI yang mempunyai sejuta manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Dilansir dari beberapa sumber kesehatan bahwa ASI bisa menjaga tubuh dari peradangan dan penyakit jantung ketika si kecil sudah dewasa.

Para peneliti ini mengevaluasi tingkat protein C-reaktif (CRP). Hal ini dilakukan untuk mengetahui gejala dari peradangan yang dapat meningkatan risiko penyakit kardiovaskular saat mereka berusia 24 sampai 32. Penelitian ini dilakukan terhadap 7.000 orang. Hasilnya menunjukkan bahwa si kecil yang diberikan ASI saat 3 sampai 12 bulan cenderung terhindar dari berbagai penyakit.

CRP merupakan protein yang dihasilkan oleh hati saat tubuh mengalami peradangan. Jika CRP tinggi, maka bisa menyebabkan infeksi dan penyakit lainnya yang dapat menimbulkan serangan jantung.

Selain itu, bobot si kecil ketika lahir sangat rendah dan saat menyusui terbilang cepat sehingga akan menyebabkan tingkat CRP yang cukup tinggi. Bahkan, organisasi kesehatan dunia WHO menyatakan bahwa ASI adalah salah satu cara yang paling baik untuk kesehatan mereka nantinya. Jadi, disarankan bagi Anda untuk memberikan ASI selama 12 bulan pertama dalam kehidupan si kecil.

ASI Mengurangi Resiko Sakit Jantung | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5