Arti Dari Imunisasi

imunisasiImunisasi adalah penemuan terbesar dalam dunia kedokteran. Berkat antibiotika dan imunisasi, ratusan ribu jiwa terselamatkan dari menderita infeksi yang dapat mengakibatkan kecacatan ataupun kematian. Tapi yang lebih istimewa dari imunisasi dibandingkan dengan antibiotika adalah imunisasi mencegah terjadinya infeksi pada seseorang yang masih sehat sedangkan antibiotika mengobati ketika seseorang telah menderita infeksi.

Jadi yang dimaksud dengan imunisasi adalah pemberian kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit dengan memasukkan sesuatu kedalam tubuh agar tubuh kebal terhadap penyakit yang sedang mewabah atau berbahaya bagi manusia.

Imunisasi biasanya lebih fokus diberikan kepada anak-anak karena sistem kekebalan tubuh mereka masih belum sebaik orang dewasa, sehingga rentan terhadap serangan penyakit berbahaya. Imunisasi tidak cukup hanya dilakukan satu kali, tetapi harus dilakukan secara bertahap dan lengkap terhadap berbagai penyakit yang sangat membahayakan kesehatan dan hidup anak.

Tujuan Imunisasi itu sendiri adalah untuk mengurangi angka penderita suatu penyakit yang sangat membahayakan kesehatan bahkan menyebabkan kematian pada penderitanya.

Jenis-jenis imunisasi ada dua macam yaitu,imunisasi pasif yang merupakan kekebalan dan imunisasi aktif dimana kekebalannya harus didapat dari pemberian bibit penyakit lemah yang mudah dikalahkan oleh kekebalan tubuh akan membentuk antibodi terhadap penyakit baik yang lemah maupun yang kuat

Keberhasilan pemerian Imunisasi Pada tahun 1977, setelah berkampanye selama 1 dekade, melibatkan 33 negara, cacar berhasil dieradikasi di seluruh dunia. Polio yang disebabkan oleh virus liar telah berhasil dieradikasi di belahan dunia Barat; tingkat vaksinasi anak-anak di Amerika Serikat selalu tinggi; dan penyakit serta kematian akibat difteri, pertusis, tetanus, campak, gondongan (mumps), rubela, dan HiB rendah.

Arti Dari Imunisasi | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5