Aktivitas Ini Bisa Meningkatkan Perkembangan Emosi dan Sosial Anak

Aktivitas Ini Bisa Meningkatkan Perkembangan Emosi dan Sosial Si Kecil

Aktivitas Ini Bisa Meningkatkan Perkembangan Emosi dan Sosial Si Kecil

DOKTERANAK.NET – Tidak hanya perkembangan fisik, tapi perkembangan emosi dan sosial pada anak perlu Anda perhatikan. Anak akan terus tumbuh dengan lingkungan sosial. Maka dari itu, Anda harus membantu si kecil untuk mengembangkan emosi dan sosialnya.

Dilansir dari beberapa sumber bahwa sangat disarankan untuk membantu si kecil agar merasa aman dalam sosial. Misalnya melakukan aktivitas seperti ini, nantinya sangat diharapkan si kecil dapat tumbuh dengan emosi dan sosial yang baik. Aktivitas tersebut bisa Anda simak berikut ini:

Buat Bayi Tertawa

Sebagai orang tua, Anda harus melakukan aktivitas seperti sesuatu yang bisa membuat si kecil tertawa. Si kecil yang masih berusia 12 bulan ke bawah sangat suka dengan kelucuan. Selain itu, tunjukkan pula rasa sayang Anda dengan memeluknya, menciumnya, atau mendekapnya.

Perhatikan Perasaannya

Anda harus selalu mendampingi si kecil saat dia merasa sedih. Dengan kehadiran Anda di dekatnya dia akan merasa senang melebihi apapun. Begitu juga saat ada orang baru yang ingin mendekatinya, pastikan Anda disampingnya. Karena si kecil membutuhkan penyesuaian diri dengan orang baru.

Bacakan Buku Cerita

Si kecil senang melihat gambar yang berwarna. Selain itu, suka juga mendengar suara-suara seperti Anda membacakan sesuatu untuknya. Mendongeng adalah salah satu cara terbaik untuk mengeksplorasi dia mengenal dunia lain. Mengajak si kecil juga pergi berkeliling akan mengembangkan emosi dan sosialnya.

Berikan Respon untuk Ocehannya

Ketika si kecil sedang mengoceh, Anda harus memberikan respon atau jawaban. Bercerita dengan si kecil seolah-olah dia memahaminya juga perlu Anda lakukan. Aktivitas ini akan mengembankan kemampuan bahasanya.

Aktivitas Ini Bisa Meningkatkan Perkembangan Emosi dan Sosial Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5