Loading...

Agar Anak Berhenti Ngompol

Mengatasi Anak Ngompol1.MERANGSANG DENGAN HADIAH : Memberitahu terus menerus dan memarahi bukan pemecahan yang baik.Anak justru bisa stres dan malah akan ngompol.Cobalah rangsang dengan hadiah.jika 2 hari tidak ngompol ,beri suatu hadiah,jika 3 hari tidak ngompol berturut2 berikan hadiah yang lebih menarik dan seterusnya sampai anak tidak ngompol lagi.

2.MINUM DAN BUANG AIR KECIL TERATUR : anak usia sekolah sering menunda makan-minum hingga sekolah usai.Akibatnya,anak tidak buang tidak buang air kecil dari pagi hingga siang,risiko ngompol meningkat pada malam hari.cobalah dengan pola makan-minum teratur dan buang air kcil berkala disiang hari.

3.MEMBANGUNKAN DIMALAM HARI : Menjelang waktu ngompol,coba angkat anak ketoilet,ajak buang air kecil.Awalnya mungkin sulit dan anak tidak sepenuhnya terjaga.tapi lambat laun anak akan lebih mudah terjaga dan ini bisa mengurangi frekuensi mengompol.

Loading...

4.MEMBERSIHKAN TEMPAT TIDUR SENDIRI : Membersihkan tempat tidur sendiri bisa membantu anak menghentikan kebiasaan ngompol.Latihan ini juga termasuk memakai alarm untuk bangun pagi,latihan bangun malam dan memasang alarm lagi.meski repot,jika disertai motivasi dan sikap sayang,keberhasilan bisa 80%.

5.HIPNOTERAPI : anak disugesti untuk bangun bila ningin buang air kecil,tempat tidurnya akan kering dipagi hari,dan kandung kemihnya akan mampu menahan kencing,tingkat keberhasilannya 60-70%.
6.AKUPUNTUR : beberapa penelitian menyarankan akupuntur dengan keberhasilan sampai 73% dengan 10-40 sesi.

Agar Anak Berhenti Ngompol | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5