4 Tips Agar Anak Lebih Cepat Berbicara

4 Tips Agar Anak Lebih Cepat BerbicaraAda beberapa fakta yang harus diketahui oleh semua ibu. Fakta tersebut adalah ada penelitian yang mengatakan bahwa para orang tua yang biasa mengajak bicara bayinya maka bayinya akan berkembang menjadi anak yang cerdas.

Biasanya seorang ibu selalu khawatir saat mengetahui kalau bayinya belum juga bicara, seolah-olah dengan terlambat bicara itu akan menghalangi tumbuh kembang sang anak. Saat Anda ingin bayi Anda bisa cepat berbicara, ada empat tips yang kami berikan yang mungkin bisa Anda ikuti, diantaranya:

Mulai Sedini Mungkin

Dengan menemani bayi yang baru lahir untuk berbicara bisa saja menghasilkan si kecil untuk lebih cepat berbicara. Selain itu, bayi yang sudah keseringan diajak bicara oleh orang tua juga akan mempunyai kosakata yang sangat banyak. Walaupun kenyataannya bahwa bayi Anda belum bisa merespon pembicaraan Anda, namun otak bayi Anda sudah bisa merespon suara dengan baik. Melinda Caskey, M. D. seorang asisten profesor di Brown University mengatakan bahwa si kecil bisa menyerap lebih banyak hal yang mungkin tak pernah Anda kira sebelumnya.

Berikan Informasi dan Deskripsi

Sebaiknya coba berikan informasi dari setiap hal atau benda yang si kecil lihat atau ia perhatikan. Seperti, saat anak Anda terlihat sedang memperhatikan sebuah boneka kelinci, sampaikan ke dia bahwa itulah namanya kelinci dan warnanya putih. Pakailah istilah-istilah sederhana yang bis acepat dipahami oleh si kecil yang menggambarkan ukuran, rasa, warna, dan bentuk dari setiap hal yang bayi Anda perhatikan.

Membaca Buku Bersama-Sama

Tidak mesti Anda menjelaskan yang terdapat dalam sebuah buku yang persis sama dengan jalan ceritanya. Anda bisa melakukan seperti dengan mengajak bayi Anda untuk menyentuh gambar-gambar yang ada di dalam buku tersebut. Dengan buku yang bergambar juga sangat baik untuk bayi Anda sebab Anda bisa mencoba membuat cerita dan dongengnya sendiri.

Matikan Televisi

Peneliti di University of Washington telah menemukan bahwa bayi yang berusia 8 sampai 16 bulan berpeluang kehilangan kesempatan dalam menguasai 6 hingga 8 kosakata setiap menghabiskan satu jam menonton di depan televisi. Dalam perkembangan kemampuan berbicara, interaksi sosial sangatlah berguna sementara televisi biasanya menyajikan informasi yang membuat penontonnya pasif. Oleh karena itu, daripada membiarkan bayi atau balita Anda menonton televisi, lebih baik Anda melakukan dengan mengajaknya mengobrol dan berinteraksi langsung.

4 Tips Agar Anak Lebih Cepat Berbicara | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5