Loading...

4 Cara Mencegah Keracunan Pada Anak

4 Cara Mencegah Keracunan Pada AnakKebanyakan anak-anak yang telah dirawat dirumah sakit karena masalah keracunan. Faktor utama yang mentyebabkan keracunan itu adalah masalah obat-obatan, dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit menjadi masalah yang paling banyak dikeluhkan.

Selain dari obat, bahan-bahan rumah tangga juga seperti produk pembersih, pemutih, pembersih oven dan deterjen liquitabs akan bisa menjadi bahaya umum.

Dampak akan keracunan karbon monoksida (CO) juga menjadi kekhawatiran yang biasanya diakibatkan oleh tidak amannya sistem pemanas sentral atau kompor gas. Tercatat setiap tahun, sekitar 50 anak-anak yang sudah dirawat di rumah sakit karena keracunan CO di rumah.

Loading...

Hal tersebut menjadi kekhawatiran untuk para orang tua saat anak mereka telah keracunan. Maka dari itu, sebaiknya sebagai orang tua harus menyadari risiko seiring peningkatan aktivitas saat teman-teman dan keluarga datang mengunjungi, perubahan rutinitas dan sedikit kekacauan lebih dari biasanya.

Berikut ini, ada beberapa cara untuk mencegah keracunan pada anak, diantaranya:

Bahan Rumah Tangga

Kalau Anda telah banyak mempunyai kegiatan diluar rumah sehingga lebih keseringan untuk meninggalkan anak-anak di rumah, sebaiknya periksa kembali di mana Anda menyimpan pembersih rumah tangga. Jika barang tersebut berada di sebelah toilet atau di bawah wastafel, sebaiknya Anda memindahkan barang-barang tersebut ke tempat yang jauh dan aman dari jangkauan anak-anak Anda.

Obat-obatan

Sebaiknya Anda harus mendatangkan seseorang untuk menjaga anak Anda jika ingin keluar rumah, seperti kakek-nenek, dengan tidak meninggalkan obat-obatan di sekitar anak-anak yang dapat menemukan obat, misalnya dalam tas di lantai atau di lemari samping tempat tidur.

Alkohol

Setiap bekas minuman alkohol harus selalu dibersihkan atau apapun yang telah mengandung alkohol , Anda harus mengetahui kalau alkohol bahkan dalam jumlah kecil tetap bisa meracuni seorang anak.

Karbon Monoksida

Anda harus membeli alarm untuk karbon monoksida untuk setiap ruangan yang disimpan untuk alat pembakaran seperti boiler gas, kompor gas atau api terbuka.

4 Cara Mencegah Keracunan Pada Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5